Analisis Model Manajemen Sekolah Alam Indonesia

  • Dede Ruspandi Kafila International Islamic School Jakarta

Abstract

Research intended to investigate the application of management model at Sekolah Alam Indonesia, a nature based
school located at Ciganjur, South Jakarta region. Research methods used was a case study with qualitative approach. Data
gathered from interviews, literature analysis, observation. The data analyzed by data organizing technique, data assumption
examination, and data description. Research subjects were Director, Director of Academic Affair, principles, Teachers, and
parents.
The study described some results as the special managerial characteristics of Sekolah Alam Indonesia as: 1) school
planning generally organized by Board of Trustee and special planning conducted by the Director of the school; 2) school
organization shape as flexible community; 3) staff recruitment conducted by structured method; 4) the foundation drive the
school with the hand of the director and principals; 5) coordinating Task mostly conducted by director periodically according
to learning problem or other program; 6) reporting job done by the report to the board of the trustee; 7) budgeting program
held by financial staff by one door rule for all financial cash turnover. Some characteristics differ Sekolah Alam Indonesia
with general school in Indonesia according to facilities and infrastructures; school organization; educational staff
performance standards; the specific concept about curriculum and learning; the curriculum implementation and learning
program; learning assessment. Management model implemented was MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis
Sekolah/School based Quality Improvement Management) with some flexibilities in the organization.

Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui model manajemen yang di terapkan Sekolah Alam Indonesia Ciganjur
Jakarta Selatan. Metode Penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek
penelitian terdiri dari direktur utama, direktur pendidikan, kepala sekolah, guru/fasilitator, dan wali murid. Data di
kumpulkan melalui pengamatan/observasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. kemudian data tersebut di
analisis dengan teknik pengorganisasian data, menguji asumsi data, dan mendeskripsikan data yang sesuai dengan fokus
pembahasan manajemen sekolah alam.
Hasil penelitian dari paparan data di lapangan bahwa Sekolah Alam Indonesia merupakan sekolah alternatif yang
mempunyai beberapa karakteristik : perencanaan di lakukan oleh dewan sekolah yang bersifat umum dan direktur
pendidikan bersifat khusus, pengorganisasian berbentuk komunitas yang bersifat luwes dan fleksibel, rekrutmen tenagakerja
dilakukan dengan metode internal dan eksternal yang secara terstruktur dalam penyelenggaraannya, pengarahan dilakukan
oleh yayasan, direktur pendidikan dan kepala sekolah yang sesuai dengan tugas dan fungsinya, pengkoordinasian dilakukan
oleh direktur utama secara berkala dalam setiap pelaksanaan pembelajaran maupun pelaksanaan program, pelaporan di
sampaikan kepada syuro (musyawarah) dewan sekolah, penganggaran keuangan menerapkan satu pintu dalam perputaran
arus keuangan. yang membedakan dengan sekolah-sekolah konvensional lainnya. Beberapa karakteristik tersebut dapat
dilihat melalui: (1) sarana dan prasarana; (2) keorganisasian sekolah; (3) kinerja tenaga kependidikan; (4) konsep kurikulum
dan pembelajaran; (5) implementasi kurikulum dan pembelajaran; (6) evaluasi belajar. Sementara untuk hasil penelitian
menunjukan bahwa model manajemen yang di terapkan di Sekolah Alam Indonesia, Ciganjur Jakarta Selatan seperti model
MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah) sehingga dalam penyelenggaraanya bersifat fleksibel namun
tetap menggunakan kaidah-kaidah fungsi manajemen dengan hasil output Sekolah mendapatkan beberpa penghargaan, tetapi
dalam hal keefektipan dan keefisienan agak sedikit kurang, dikarenakan kefleksibilitasan manajemen yang di terapkan.

Published
2017-08-10
How to Cite
RUSPANDI, Dede. Analisis Model Manajemen Sekolah Alam Indonesia. Utilitas, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 176-190, aug. 2017. ISSN 2442-224X. Available at: <http://utilitas.uhamka.ac.id/index.php/utilitas/article/view/27>. Date accessed: 24 sep. 2017.
Section
Articles