Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar pada Mata Kuliah MSDM

  • Trisni Handayani

Abstract

The learning quality can be enhanced by effective teaching that will effect positively to student learning motivation. The Role playing model assumed will motivate students to actively involved in the learning activities as managed by the instructor. By role playing methods, the students will investigate the subjects actively and experience the meaningfull learning process. This Classroom Action Research conducted at second year student grade of Economics Education Department of Faculty of Education of University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, with Human Resources Management Course subject. The data collected qualitatively and quantitavely from students’ reflection and learning outcomes result interpretation.


The result of the research showed that the teaching effectivity fulfilled when the students involved in role playing activities. The reflection process and data analysis result from the first cycle of the classroom action research showed that students learning competencies positively increased by reached minimum criteria score. 27,77 % of students got lower scores under minimal criteria. The researcher believed that the students ability can be optimized ar second cycle of classroom action research. The second cycle showed that only 12,12% students gained under minimum criteria score. The research summarized that role playing method increased the students’ learning competencies.


Keywords: Classroom action Research, Role Playing, Learning Competencies


Abstrak


Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan antara lain dengan pembelajaran yang efektif yang dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode Pembelajaran dengan Bermain Peran adalah salah satu metode pembelajaran yang dianggap dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang disusun skenarionya oleh seorang pengajar. Metode Bermain Peran menjadikan mahasiswa dapat menyelidiki materi pelajaran secara aktif dan mengalami proses pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada mahasiswa tahun kedua di Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, tepatnya pada matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Pengumpulan data penelitian secara kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan melalui hasil refleksi mahasiswa dan skor hasil belajar yang diinterpretretasikan peneliti.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran efektif tercapai saat mahasiswa terlibat aktif dalam proses belajar dengan Metode Bermain Peran. Hasil refleksi dan analisis data dai siklus pertama penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Hanya 27,77 % yang belum mencapai target tersebut. Untuk itu peneliti melnjutkan ke siklus kedua penelitian. Hasil siklus kedua menunjukkan hanya 12,12% mahasiswa yang meraih nilai kurang dari skor kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian maka penelitian meyimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kompetensi belajar mahasiswa.


Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Metode Bermain Peran, Kompetensi Belajar.

Published
2017-04-03
How to Cite
HANDAYANI, Trisni. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar pada Mata Kuliah MSDM. Utilitas, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-13, apr. 2017. ISSN 2442-224X. Available at: <http://utilitas.uhamka.ac.id/index.php/utilitas/article/view/48>. Date accessed: 17 jan. 2019.